Keahlian Merpati Pos

Merpati pos adalah salah satu jenis merpati yang mempunyai keahlian kembali ketempat dia dilahirkan. Merpati post yang terlatih dapat kembali pulang walau dilepaskan ratusan kilometer bahkan ada yang ribuan kilometer dari rumahnya.

Pada jaman kemerdekaan merpati pos mempunyai peranan penting yaitu sebagai pembawa berita (surat). Pada waktu itu komunikasi yang dipakai secara umum yaitu Pesawat Radio, tetapi pesan rahasia tidak aman jika menggunakan pesawat radio karena mudah disadap oleh pihak lawan. Disini merpati pos adalah pembawa surat bukan pengantar surat. Merpati post yang rumahnya surabaya tidak bisa mengantar surat dari surabaya menuju jakarta. tetapi bisa membawa pulang surat ke surabaya walau dilepaskan dari Jakarta, Aceh, Pontianak, Irian Jaya dan lainnya. Jadi intinya merpati pos bisa pulang ketempat dia dilahirkan (sarangnya) dengan membawa pesan.

Merpati pos untuk bisa melakukan perjalanan yang jauh perlu dilatih sejak dini yaitu sebelum dia bisa tebang atau masih dalam sarang.

Pada umur 5 sampai dengan 10 hari anak merpati diberi cincin permanen pada kakinya sebagai tanda lahir. Cincin tersebut dapat diperoleh/ dibeli pada penggemar merpati pos ataupun pada peternak merpati profesional. Anak merpati tersebut harus sering dipegang atau dielus elus dengan lembut supaya kalau sudah besar nanti terbiasa dekat dengan kita sehingga mudah untuk kita pegang.

Ketika anak mer[ati sudah mulai berani keluar dari sarang maka itulah saat untuk memulai latihan serius dengan sering dilepas dekat dekat dulu dari sarang dan semakin lama semakin jauh sejauh kita mampu melepaskannya. Jangan pernah khawatir untuk melatihnya karena merpati pos mempunyai bakat dapat menemukan jalan pulang menuju sarangnya sejak lahir.

Comments

Popular posts from this blog

Khasiat bawang merah dan bawang putih

Obat alami batuk darah

Obat alami asam urat